MEMAHAMI SENI SUARA DAN SENI GERAK BATAK

Monang Naipospos Dalam keterbatasan saya memberi penjelasan dengan bahasa seni dan musik, akan mencoba mendeskripsikan ragam seni suara dan tata gerak dalam kesenian tradisional batak lama.

Beda PANJUJURAN ARI Dengan PARHALAAN

Monang Naipospos Banyak orang beranggapan bahwa Panjujuran Ari adalah Parhalaan. Karena itu orang sering mengira bila meghitung hari dengan kalender batak adalah memilih hari-hari baik. Pamahaman yang keliru ini perlu kita luruskan untuk lebih jelas bagaimana para leluhur orang batak melakukan kajian tentang hari-hari dan hari baik dan buruk.

SIJAGARON

Monang Naipospos Sijagaraon berasal dari kata JAGAR. Dalam bahasa Batak, jagar mengandung arti indah atau tertata rapi. Ada beberapa perlakuan dalam diri seseorang yang disebut sijagaron. Seorang pria yang berpakaian ulos lengkap, bila dilengkapi dengan gelang puttu dari gading dan logam, assesori itu disebut juga sijagaron. Seorang wanita memakai ikat kepala dari emas sortali termasuk [...]

SINGA-SINGA RUMAH BATAK BANYAK DICURI

Monang Naipospos Di perkampungan batak yang ditemui rumah tradisional, banyak yang sudah kehilangan bagian assesori rumah itu karena dicuri orang-orang yang tak bertanggungjawab. Untuk wilayah Polsek Laguboti sudah 3 kasus pencurian yang dilaporkan dan 2 kasus sudah dilimpahkan ke pengadilan 1 kasus masih dalam proses.

MAKNA MANGIRDAK

Monang Naipospos Tentang mangirdak sudah kami jelaskan atas pertanyaan Andri pada tulisn Anak Tubu Boru Sorang 1. Tetapi masih ada pertanyaan Ramlan tentang topik ini, dan saya menyertakan uraian berdasarkan penuturan orang tua dan pengalaman pribadi.

PANANDAION NI HALAK BATAK MARHITE ADATNA

R.B. Marpaung (Op. Miduk) Halak Batak nunga digoari i sada Bangso. Mangihuthon nabinoto sian angka natua-tua umbahen digoari sada Bangso, nunga marharajaon sandiri, Mardebata (Mula Jadi Nabolon/Pencipta Yang Maha Besar), marpatik, mar-uhum, mar-adat dohot marpartuturon. Nunga marhepeng sandiri, ima naginoaran na ringgit Batak (ingot ringgit si tio soara). Alai ianggo nuaeng on nunga sada negara [...]

Gondang Batak Dan Pemahamannya

Monang Naipospos Gondang batak, salah satu karya seni musik batak yang sangat kaya dan menjadi kekaguman bagi dunia. Repertoarnya yang beragam memenuhi segala kebutuhan seni yang digunakan untuk beragam kegiatan seperti pada upacara keagamaan, adat dan hiburan.

DEBATA IDUP

Monang Naipospos Datu Pangabang seorang tabib batak yang mulai populer. Dia sangat ulet melakukan penelitian bahan obat untuk berbagai penyakit yang ditemukannya. Hutan dijelajah, beragam tanaman, akar kayu dan kulitnya dikumpulkan.

Partohonan Di Harajaon

Monang Naipospos Dalam sistem ketataprajaan batak dahulukala, sudah dikenal perangkat penata-prajaan di tingkat huta dan bius. Memang diakui, belum semua wilayah memiliki BIUS yang permanen dan kelengkapan organisasinya belum sempurna. Penerapan, penamaan terhadap perangkat itu pun kadang ditemukan adanya perbedaan penyebutan antar bius dan huta.

Makna Ragam Hias Dalam Rumah Batak

Monang Naipospos Hal-hal yang mengandung magis memang sungguh menarik dibahas dan dibicarakan. Lagi-lagi wacana ini menjauhkan intelektual batak untuk menemu kenali kecerdasan para leluhurnya. Sering saya mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa rumah batak itu mengandung nilai magis yang dapat menolak roh jahat atau musuh. Konon pernyataan ini telah menjadi acuan tertulis bagi para pengamat budaya [...]